Pemulung

Setiap orang pasti mempunyai rasa bosan atau jenuh dengan rutinitas. Apalagi yang kerja di ibu kota, jakarta yang setiap hari harus melewati kemacetan saat berangkat dan pulang kerja.

Tapi hal ini sepertinya tidak berarti bagi para pemulung. Setiap hari saat pagi-pagi keluar dari rumah, berangkat kerja, aku melawati jalan perkampungan di jakarta barat, aku selalu berpapasan dengan beberapa pemulung yang sudah mulai mengumpulkan barang-barang yang mungkin masih bisa dijual ke pengepul, yang letaknya juga tidak jauh dari perumahan tempatku tinggal. Yang membuatku sedikit mengelus dada adalah suami istri yang sudah agak berumur, ya… Sekitar 65-70 tahunan…

Banyak pertanyaan yang muncul dihatiku, diantanya buat siapa mereka bekerja banting tulang sepagi itu, saat usia senja yang seharusnya mereka nikmati di rumah sama cucunya.

Atau mereka sudah ditinggal oleh anak-anak mereka, sehingga harus tetap bekerja untuk bisa tetap bertahan hidup di ibukota yang sangat keras.

Dalam hati rasa iba langsung muncul dan aku berdoa, agar bapak ibu itu mendapat barang-barang bekas yang cukup banyak untuk dapat membeli makan untuk hari itu.

Pemandangan ini akan lebih banyak lagi aku temui saat bulan puasa menjelang lebaran. Sudah bisa ku tebak. Mereka akan melakukan lebih pagi lagi untuk dapat barang yang lebih banyak. Sehingga nantinya dapat mengumpulkan uang buat mudik atau lebaran.

Melihat pemandangan itu setiap hari, membuatku untuk selalu bersyukur dengan apa yang aku dapatkan sampai saat ini. Terima kasih Tuhan…atas anugerah yang telah Engkau berikan selama ini. Aku yakin Engkau juga akan melindungi para pemulung-pemulung itu untuk tetap kuat dan iklas dengan apa yang mereka jalani dan dapatkan saat ini. Ujian tidak akan melebihi kemampuan yang dimiliki mereka.

Semoga bermanfaat…

Categories: Motivasi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: