Cara membuat Resolusi yang Baik

Setiap orang pasti memiliki impian atau harapan yang dijadikan resolusi tahunan, akan tetapi tidak semuanya berhasil mencapai resolusi tersebut. Apa yang salah dengan hal itu? Resolusinya yang tidak rasional untuk dicapai atau usaha yang dilakukan kurang maksimal. kedua alasan tersebut bisa saja terjadi. Bagaimana membuat resolusi yang tepat?

Seperti yang ditulis @YoungOnTop “Make sure your Resolution is SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time-based).

artinya sangat jelas saat kita membuat resolusi kita harus mempertimbangakn kelima hal tersebut di atas.

1. Specific

Sebuah resolusi itu harus jelas, spesifik. misalnya, saat ini berat badan Anda terasa over weight (katakanlah beratnya 90 kg, dan ingin melakukan diet. mungkin sebagian orang menjadikan Diet sebagai resolusinya. boleh-boleh saja, akan tetapi mungkin lebih baik dibuat menjadi lebih spesifik, misalnya “Menurunkan berat badan menjadi 70kg” ,dengan seperti itu, akan lebih jelas dan kita mudah memegangnya. karena resolusi yang baik, adalah yang bisa kita pegang selalu.

2. Measurable

“Menurunkan berat badan menjadi 70kg” dari 90 kg , adalah sangat terukur dan dapat diuraikan nantinya, seberapa besar penurunan yang akan dicapai setiap bulannya atau minggunya, sehingga pada akhir tahun, resolusi yang kita inginkan tercapai. misalnya, penurunan setiap bulan 1,5  kg.

3. Achievable

Apakah resolusi itu (“Menurunkan berat badan menjadi 70kg” dari 90 kg) dapat dicapai?  sangatlah mungkin. tinggal kita pastikan caranya seperti apa? mengurangi berat badan 20kg. pola makan seperti apa selama ini? kandungan lemak, vitamin, mineral, proteinnya? berapa kali    olahraga selama seminggu? pola tidur seperti apa? apakah perlu mengikuti fitness atau menyewa Personal Trainer?

yang pasti Anda harus merubah semua pola atau kebiasaan selama ini yang mengakibatkan berat badan tersebut berlebih.

4. Realistic 

Apakah “Menurunkan berat badan menjadi 70kg” dari 90 kg realistic? yaaa… sangatlah realistik, karena Anda pastinya sudah paham akan penyebab kelebihan berat badan selama ini. tinggal memastikan program yang Anda pilih dijalankan dengan konsisten. dan saat ini sangat banyak program diet yang ditawarkan, tentunya tidak sembarang program dapat Anda pilih, sesuaikan dengan pola yang saat ini membuat Anda kelebihan berat badan. Bahkan, kalau mau konsisten, dengan program independen sendiri, juga bisa dilakukan.

5. Time-based

Yang terakhir, tapi sangat menentukan keberhasilan resolusi ini adalah bagaimana kita menentukan tahap-tahap pencapaian dari hari-kehari. katakanlah selama satu tahun (12 bulan), kita bagi setiap bulan harus turun 1,5 kg. dengan program yang telah Anda putuskan, jalankan dengan konsisten dan buatkan time table-nya setiap minggunya, dicatat berapa penurunan yang telah dicapai.

itu salah satu contoh resolusi yang bisa dijadikan gambaran, saya yakin Anda pasti memiliki resolusi yang lebih banyak lagi dan bervariasi. yang jelas, SMART hanyalah salah satu cara yang dapat dipakai untuk mencapai resolusi Anda. yang pasti semuanya ada ditangan Anda, seperti yang dikatakan Anthony Robbins ”

it’s your decisions about what to focus on, what things mean to you, and what you’re going to do about them that will determine your ultimate destiny.

kalau anda fokus dan yakin dengan apa yang menjadi tujuan Anda, dengan usaha dan kerja keras, resolusi yang telah ditetapkan peluang keberhasilannya akan semakain besar.

satu hal lagi yang sangat penting, yang disampaikan Anthony Robbins ”

There are no failures in life. There are only results. If you didn’t get the results you wanted, learn from this experience so that you have references about how to make better decisions in the future.

Jangan pernah menyerah dengan hasil yang telah dicapai, apabila hasilnya belum sesuai harapan, perbaiki cara yang telah Anda lakukan, lakukan lebih baik lagi belajar dari pengalaman yang ada, yang pernah Anda jalankan.

True Bali Private Villa’s at Legian – Seminyak
Make money from Home
Bisnis at Home

Categories: Motivasi, Tips | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: